Adsense Indonesia
Follow Indonesiabaru on Twitter

Jumat, 29 Mei 2009

membuat link di blog

Dalam dunia blog, tentu anda tidak asing lagi dengan yang namanya link. Apabila anda seorang blogger (tukang ngeblog kata orang jakarta mah), tentu saja membuat link adalah sebuah keharusan. Berbeda dengan website pada umumnya, di jagat per blog-an ada yang namanya link exchange atau bertukar link dengan blog lain, jadi kalau anda tidak bisa membuat link, ini dapat berakibat anda akan di asingkan alias di cuekin oleh blogger lainnya karena di anggap pelit dalam memberikan link. Dalam topik membuat link ini, saya akan mengulasnya dalam beberapa sub bagian yakni :

Link pada posting-an

Jika anda membuat sebuah artikel untuk di posting, trus di dalam nya ingin di buatkan sebuah link, misalkan artikel tersebut bercerita tentang bisnis yang anda ikuti pada sebuah website di internet, lalu anda ingin mengajak para pembaca artikel tersebut untuk mengunjungi website yang anda ceritakan. Misalkan dalam artikel tersebut ada kata –kata seperti Jika anda tertarik silahkan anda klik disini, nah untuk membuat link dari kata-kata tersebut silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Highlight kata-kata yang ingin di buat link, contoh di atas adalah klik disini.


  2. Klik ikon yang bergambar seperti ini yang berada pada toolbar, maka setelah itu akan muncul tulisan http:// pada window baru yang berbentuk seperti gambar di bawah ini :






  3. Isi kotak yang ada tulisan tersebut dengan alamat situs yang anda inginkan, misalkan : http://www.resepbisnis.com/?id=rohman


  4. Klik OK. Selesai


Link dengan window baru

Mungkin anda punya pikiran, kalau anda membuat sebuah link trus pembaca mengkliknya, anda kwawatir kalau pengunjung blog kita akan meninggalkan blog kita. Untuk meminimalisir hal tersebut, bisa dilakukan dengan cara membuat window baru, jadi ketika pengunjung mengklik salah satu link yang kita buat, halaman blog kita tidak akan tertimpa dengan halaman baru tapi yang terjadi adalah halaman blog anda tetap ada dan halaman yang baru di klik akan muncul terpisah. Sebagai contoh, silahkan anda klik tulisan Resep Bisnis atau Obral plus pada banner header diatas. Ketika anda mengkliknya, akan tercipta window baru. Untuk membuat link seperti ini dapat di lakukan dengan cara :

  1. Apabila sudah melakukan cara membuat link seperti keterangan diatas, klik menu Edit HTML tab yang ada pada toolbar.


  2. Pada tulisan yang kita link tadi akan muncul kode seperti ini ( contoh tulisan klik disini di link ke http://www.resepbisnis.com/?id=rohman :

    klik disini

    maka disini anda harus menambahkan embel-embel kode HTML target="new' ataupun target="_blank" pada awal ataupun akhir kode tersebut . Contoh kode yang sudah di modifikasi adalah :

    klik di sini

    atau :

    klik di sini

    atau bisa juga seperti ini :

    klik di sini


Buat Links di sidebar

Bila anda berkeinginan membuat link kepada teman anda di sidebar, cara termudah adalah seperti ini : ( khusus untuk template klasik)

  1. Sign in di blogger dengan id anda


  2. Klik menu TEMPLATE


  3. Klik Edit HTML


  4. Klik Edit


  5. Klik Find (on this page)… --> untuk mempercepat pencarian




  6. find


  7. Tuliskan kata dimana anda ingin tempatkan, contoh di blog saya adalah Links para sahabat, klik Find


  8. Tuliskan link yang anda inginkan, contoh jika anda ingin membuat link ke blog saya, maka kode yang di tulis adalah :


  9. Blog Tutorial

  10. Klik Save Template Changes. Selesai


Sedikit clue untuk anda. Jika anda sedang mengotak-atik kode Template sebaiknya sebelum di obrak-abrik, sebaiknya anda copy terlebih dahulu seluruh template ke dalam notepad, ini untuk jaga-jaga apabila anda melakukan kesalahan, anda bisa mengembalikan kesemula karena sudah mempunyai backup data template tersebut. Atau bisa juga sebelum anda klik Save Template Changes sebaiknya anda klik terlebih dahulu tombol preview untuk melihat perubahan yang anda lakukan, apabila sudah cocok dengan perubahan tersebut baru di save Template Changes.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

manusia gda yang sempurna, jadi mohon maaf kalo ada kekurangan, jd mhon berikan komentar buat blog ini biar bisa membangun..