Adsense Indonesia

Minggu, 13 Desember 2009

Calculation of Production, Perhitungan Produksi

Produksi pemindahan alat-alat mekanis dapat dihitung dengan beberapa cara yaitu tergantung dari ketelitian yang dikehendaki, yang umum dipergunakan adalah :

1. Perhitungan Langsung (Direct Computation)

Yaitu suatu cara perhitungan dalam memperhatikan tiap-tiap faktor yang mempengaruhi produksi untuk menentukan volume asli (pay load) atau ton yang dihasilkan oleh masing-masing alat yang digunakan. Cara ini ternyata yang paling teliti dari yang lainnya, karena semua kondisi yang mungkin dihadapi sudah diperhitungkan berdasarkan data lapangan yang tersedia.

2. Tabular Method

Adalah suatu cara perhitungan dengan mempergunakan keterangan-keterangan dan data yang berbentuk table-tabel yang khas untuk masing-masing alat dan diambil dari pengalaman-pengalaman sebelumnya yang memiliki sifat pekerjaan yang kira-kira serupa. Kadang-kadang juga dilengkapi dengan data berupa grafik dan diagram yang diperoleh dari hasil percobaan yang dilakukan oleh pabrik pembuat alat-alat tersebut.


Pada cara ini semua pekerjaan sifatnya disama ratakan sehingga variable yang selalu dimiliki oleh tiap proyek yang jarang dapat disamakan dengan keadaan tempat lain yang dianggap serupa. Sebenarnya hal itu tidak benar, oleh sebab itu cara ini menjadi kurang teliti meskipun cara perhitungan lebih sederhana.

3. Slide Rule Method

Adalah cara perhitungan dengan memakai manufacturer earthmoving calculators dan itu tidak lain dari slide rule khusus yang dibuat untuk tiap-tiap alat dengan memasukan semua prinsip perhitungan yang dipergunakan pada cara perhitungan langsung. Perhitungan menjadi sangat sederhana dan cepat tetapi hasilnya kurang teliti dan kadang-kadang terlalu berlebih-lebihan. Bila cara ini dipakai dengan mempergunakan data untuk pekerjaan yang bersangkutan, akan diperoleh ketelitian yang kira-kira sama dengan cara kedua.

4. Perhitungan Perkiraan (Guesstimating)

Kurang lebih sama dengan cara pertama hanya bagian-bagian yang dianggap tidak begitu penting diabaikan atau disederhanakan sehingga perhitungan-perhitungannya menjadi lebih mudah dan singkat. Hal itu pada umumnya dilakukan dengan mengabaikan beberapa perhitungan yang teliti dan sebagai gantinya diambil angka rata-rata berdasarkan pertimbangan yang menghitungnya.

Kalau yang mengambil keputusan itu orang pengalaman pengambilan angka rata-rata tersebut umumnya tidak banyak menyimpang dari kenyataan yang dihadapi. Tetapi kalau tidak, hasilnya akan sangat menyimpang dari yang dihadapi dilapangan. Pada umumnya cara ini akan mempunyai 2 nilai yaitu :

a. Memperlihatkan perhitungan kasar atau perkiraan untuk suatu pekerjaan tertentu.
b. Menghemat waktu untuk menghitungnya

Berdasarkan pertimbangan bahwa perhitungan langsung (direct computation) adalah cara yang terbaik maka sebanyak mungkin akan diambil contoh-contoh perhitungan dengan cara tersebut. Akan tetapi bila keadaan tidak memungkinkan maka cara tersebut akan dilengkapi dengan perhitungan perkiraan (guesstimating).

Sumber : (Pemindahan Tanah Mekanis, Ir Partanto Projosumarto)

Artikel Terkait



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas bisa bantu klw mw hitung produksi crusher gmna ya????

Poskan Komentar

manusia gda yang sempurna, jadi mohon maaf kalo ada kekurangan, jd mhon berikan komentar buat blog ini biar bisa membangun..