Adsense Indonesia
Follow Indonesiabaru on Twitter

Senin, 11 Januari 2010

Bor Jackleg (Jackleg Drill)

Bor jackleg (jackleg drill) adalah mesin bor pneumatic yang dilengkapi kaki hidraulik yang dapat diatur menyesuaikan dengan arah pemboran.

Mesin ini umumnya digunakan untuk mengebor batuan keras (hard rock). Kaki hidraulik memungkinkan operator melakukan pemboran dalam berbagai sudut.

Panjang batang bor (drill steel) bervariasi mulai dari 60 cm hingga 4.8 m. Mata bor (drill bit) yang dipasang diujung batang bor dibuat dari baja kualitas tinggi. Mata bor ini perlu diganti secara berkala akibat aus setelah digunakan melubangi batuan keras.

Berat bor dengan kakinya dapat mencapai bobot 50 kg. Mengoperasikan bor ini mirip dengan menunggang kuda liar yang selalu melonjak dan melompat.

Bor jackleg paling banyak digunakan di tambang bawah tanah. Penggunaan paling sering adalah untuk membuat lubang tembak dan lubang untuk menyisipkan rockbolt.

Lubang tembak adalah lubang bor yang kemudian akan diisi bahan peledak untuk membuka terowongan. Sedang rockbolt digunakan untuk menyangga atap terowongan agar tidak runtuh.

Dari pengamatan, orang bule pada umumnya mengoperasikan bor ini sendirian. Sedang pengalaman di Freeport tempo hari, seorang operator Indonesia mesti didampingi pembantu (helper) yang akan membantu operator ketika collaring (mengawali pemboran), mencabut batang bor dari lubang bor, mengganti batang bor, hingga jadi rekan untuk bekerja bergantian.

Sebagian peran mesin jackleg sudah digantikan oleh jumbo, kendaraan mesin bor yang hanya perlu dioperasikan dengan joystick. Namun peran jackleg tetap tak tergantikan di terowongan-terowongan sempit yang tak mungkin diakses oleh mesin sebesar jumbo.

Di terowongan, tak ada pujian yang lebih terhormat selain diakui sebagai pembor yang baik.

Artikel Terkait



1 komentar:

Anonim mengatakan...

boleh tau.....
jagleg di gunakan untuk pemboran horizontal...
sedangkan nagaimana jika pemboran di lakukan ke atas... (vertical)
kalau sekarang jumbo drill,, tapi dulu bagaimana????

Posting Komentar

manusia gda yang sempurna, jadi mohon maaf kalo ada kekurangan, jd mhon berikan komentar buat blog ini biar bisa membangun..