Adsense Indonesia

Selasa, 12 Januari 2010

Pantai

Pantai adalah merupakan zona batas peralihan daratan dan laut, Indonesia yang terdiri dari ribuan Pulau kecil besar dan kecil, tentunya memiliki garis / zona pantai yang sangat panjang, termasuk salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Pantai yang terlihat sekarang, pada umumnya sudah terbentuk sejak ribuan tahun silam, dan akan selalu memperlihatkan perubahan sepanjang waktu disebabkan aksi yang bekerja dipantai sangat dinamis. Perubahan yang dialami oleh pantai dapat berubah dengan sangat cepat dalam hitungan jam apabila pantai diterpa oleh badai dan dapat sangat lambat perubahannya.

Proses yang berlangsung di pantai adalah erosi dan pengendapan. Aksi erosi dan pengendapan adalah hasil kerja daripadagelombang, arus, pasang surut dan gelombangg pasang (‘tsunami’).

GELOMBANG

Gelombang yang berasal dari laut lepas merupakan agent yang sangat penting dalam perubahan pantai. Pada mulannya bangkitnya gelombang oleh tiupan angin diatas permukaan air jauh ditengah laut dimulai dengan gerakan angin turbulensi. Riak yang mulai timbul terlihat pada gambar berikut :

Pembentukan Gelombang

Jika tekanan air tinggi pada permukaan gelombang atau pada dibelakang gelombang, air bergerak mengalir ke bagian depan air yang rendah tekanannya, membangkitkan gelombang, perhatikan gambar berikut :

Gerakan gelombang

A R U S

Gelombang yang terus bergerak hingga mencapai pantai dan akan melakukan aksi hempasan pada bagian muka daratan, kemudian merambat, ter-refraksi sepanjang garis pantai, seperti pada gambar berikut :

Muka gelombang

Muka gelombang yang masuk membentuk sudut miring terhadap garis pantai yang airnya dangkal, akan menimbulkan arus menysur pantai searah muka gelombang disebut arus susur pantai atau ‘longshore current’, perhatikan arus susur pantaiyang timbul pada gambar berikut:

image010

PASANG-SURUT

Pasang surut, adalah naik turunya muka air laut disebabkan gaya tarrik bulan dan matahari. Jika posisi bulan dan matahari terletak sejajar dengan bumi, akan terjadi pasang naik maksimal pada posisi yang berhadapan dengan bulan dan matahariyang disebut ‘Spring tides’, bila posisi matahari pada lokasi yang berbeda, pasang air laut terjadi pada sisi yang berhadapan dengan bullan yang disebut ‘Neap tides’, peerhatikan gambar berikut :

Diagram menunjukkan tenaga penyebab timbulnya pasang-surut air laut

Artikel Terkait



1 komentar:

Pulau Tidung mengatakan...

wah.. menambah wawasan kami nie buat bahan belajar tentang pantai.. kami juga tinggal di pantai tetapi belum tahu banyak tentang pantai.. makasih infonya ya gan..

Poskan Komentar

manusia gda yang sempurna, jadi mohon maaf kalo ada kekurangan, jd mhon berikan komentar buat blog ini biar bisa membangun..