Adsense Indonesia
Follow Indonesiabaru on Twitter

Selasa, 12 Januari 2010

Cabang, aplikasi dan manfaat dari ilmu geologi

Cabang‑cabang Ilmu Geologi

Cakupan dari ilmu geologi sangat luas seperti yang tersebut dalam definisinya, yaitu mempelajari bumi seutuhnya. Sehingga untuk memudahkan dalam mempelajari bumi, maka ilmu geologi dapat dipecah menjadi beberapa cabang ilmu yang masing-masing dapat dipelajari sendiri‑sendiri. Cabang‑cabang ilmu geologi semakin bertambah seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi.

Cabang‑cabang utama dari ilmu geologi adalah:

  • Mineralogi dan Petrologi, yaitu ilmu yang mempelajari mineral dan batuansebagai penyusun kerak bumi. Mineralogi mempelajari mineral-mineral yang membentuk batuan, termasuk di dalamnya juga aspek spesialisasi dalam mineralogi adalah kristalografi. Sedangkan petrologi mempelajari asalmula kejadian dan klassifikasi dari batuan.
  • Paleontologi yaitu ilmu tentang kehidupan masa lalu. Dalam paleontologi dipelajari juga semua aspek kehidupan fosil yang dijumpai dalam batuan Dari fosil akan dapat diketahui evolusi kehidupan yang pernah terjadi sejak adanya kehidupan di bumi ini hingga sekarang. Selain itu, fosil dapat digunakan juga untuk mengetahui kondisi lingkungan di masa lampau.
  • Geomorfologi merupakan ilmu yang mempelajari bentuk-bentuk bentang alam permukaan bumi, termasuk proses-proses yang terjadi padanya.
  • Geologi struktur adalah ilmu yang mempelajari bentuk-bentuk struktur bagian dalam bumi dandibagian dalam bumi yang membentuknya.
  • Stratigrafi ilmu yang mempelajari urutan pembentukan batuan penyusun kerak bumi, terutama untuk batuan-batuan yang berlapis. Dengan mempelajari stratigrafi, dapat diketahui sejarah geology dari bumi kita ini. Stratigrafi sangat berhubungan erat dengan ilmu geologi sejarah yang mempelajari sejarah dari bumi sejak terbentuknya hingga sekarang.

Aplikasi Ilmu Geologi

Aplikasi ilmu geologi dapat merupakan hal yang sangat penting pada beberapa bidang lain. Pemanfaatan ini terus berkembang dan sangat dibutuhkan dengan kemajuan ilmu dan teknologi serta kebutuhanmanusia yang semakin bertambah. Bidang‑bidang yang sangat membutuhkan aplikasi dan Ilmu geologi adalah pada bidang:

  • Pertambangan (mining geology) untuk mengetudbut proses pembentukan endapan mineral yang bersifat ekonarris yang sangat dibutuhkan oleh manusia
  • Perminyakan (Petroleoum geology) untuk mengetahui jebakan‑jebakan minyak dan gas bumi.
  • Hidrologi (Hydrogeology) mempelajari mengenai kejadian dim pemanfaatan air tanah.
  • Geologi teknik (Engineering geology) mempelajari hubungan antarailmu geologi dengan problem‑problem keteknikan
  • Geologi lingkungan (Environment geology),geologi sangat diperlukan untuk mengevaluasi interaksi antara manusia dengan lingkungannya.
  • dan masih banyak aplikasi ilmu geologi lainnya dan hampir semua bidang ilmu yang berhubungan dengan bumi selalu mernbutuhkan pengetahuan tentang geologi.

Kepentingan dan Ilmu Geologi

Dari apa yang telah diuraikan diatas, dapat diketahui beberapa kepentingan dalammempelajari ilmu geologi. Dibawah ini beberapa kepentingan tersebut:

  • Ilmu geologi dapat membantu untukmengetahui dan memahami awal terjadi dan struktur dari bumi sebagai planet khususnya daratandan lautan yang menyusun kerak bumi.
  • Ilmu geologi dapat membantu menjelaskan karakterisstik dan babbling alam yang sangat bervariasi dan bagaimana bentang dan yang sangat berbeda ini dapat terbentuk dan dimanfaatkan oleh manusia.
  • Pengetahuan geologi sangat membantu untuk mengetahui dimana mineral dan batuan berharga dapat dijumpai.
  • Keberadaan material bangunan sangat tergantung pada kondisi geologi suatu daerah. Pengetahuan geologi sangatmembantu para ahli bangunan untukmendapatkan material bahan bangunan.
  • Ilmu geologi sangat penting dalam hubungannya dengan sumber daya air, karena keberadaan air sangat tergantung juga pada jenis atau macam batuannya.
  • Pengetahuan geologi sangat membantu untuk memprediksikan atau meramalkan kemungkinan‑kemungkinan terjadinya bencana alarn seperti longsoran, aktivitas gunungapi dan sebagainya.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

manusia gda yang sempurna, jadi mohon maaf kalo ada kekurangan, jd mhon berikan komentar buat blog ini biar bisa membangun..