Adsense Indonesia
Follow Indonesiabaru on Twitter

Senin, 11 Januari 2010

Pawling dan Harnischfeger, Duo Pendiri P&H Mining Equipment

Pawling & Harnischfeger
Pawling & Harnischfeger

Orang-orang yang telah terbiasa berurusan dengan tambang pasti tak asing lagi dengan deretan tiga karakter ini: P&H.

P&H telah menjadi merek terpercaya berbagai alat berat yang beroperasi di tambang. Di tambang terbuka, siapa tak kenal dengan shovel atau alat bor bermerek P&H.

P&H Mining Equipment didirikan oleh Alonzo Pawling (1858-1914) dan Henry Harnischfeger (1855-1930) di Milwaukee, AS pada tahun 1884. Pawling masih berusia 27 tahun dan Harnischfeger berusia 29 ketika mendirikan perusahaan itu.

Pada mulanya, perusahaan ini menyuplai berbagai komponen mesin untuk pabrik lokal. Diantara pelanggan mereka adalah Nordberg, Rex Chain Belt, dan Allis Chalmers, yang bersama-sama P&H akan membuat Milwaukee menjadi pusat industri peralatan tambang.

Pada tahun 1887, Pawling dan Harnischfeger memproduksi mesin perdana, sebuah crane yang diberi merek P&H. Merek yang di masa depan akan menjadi salah satu merek terkenal di bisnis alat berat tambang.

P&H Electric Shovel
P&H Electric Shovel

Krisis keuangan yang terjadi pada 1893 justru memantapkan niat duet ini untuk terus mengembangkan produk. Di tahun itu P&H merambah ranah baru dengan mengembangkan dan memproduksi mesin penggali (digging machines). Di tahun-tahun ini pula mereka semakin memantapkan diri sebagai perusahaan yang dikenal memberikan ‘after sales support’ yang memuaskan pelanggan-pelanggannya.

Di tahun 1911, produk keluaran P&H semakin bervariasi dengan diproduksinya shovel dan draglines. Setahun kemudian muncul produk mereka yang kemudian menjadi terkenal, Excavator Model 206.

Selama dekade 30an, P&H menjadi perusahaan pertama yang mengadopsi desain menggunakan las untuk semua mesin-mesinnya. Ini berarti mengakhiri digunakannya rivet yang sebelumnya digunakan untuk menyambung bagian-bagian alat menjadi satu.

Di tahun-tahun berikutnya, P&H Mining Equipment terus berkembang menjadi salah satu perusahaan penyedia alat tambang paling terkemuka di dunia.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

manusia gda yang sempurna, jadi mohon maaf kalo ada kekurangan, jd mhon berikan komentar buat blog ini biar bisa membangun..