Adsense Indonesia
Follow Indonesiabaru on Twitter

Senin, 11 Januari 2010

De Re Metallica: Buku Kuno Tambang

Sampul Buku

Sampul Buku

Buku pertama yang mengupas ilmu tambang secara mendalam tak lain adalah De Re Metallica. Buku ini ditulis dalam bahasa Latin oleh Georgius Agricola dan diterbitkan pada tahun 1556

Jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris, judulnya akan menjadi On the Nature of Minerals, sedang nama pengarangnya akan dibaca menjadi Georg Bauer.

Selama 250 tahun berikutnya, buku ini menjadi rujukan. Agricola menghabiskan 9 tahun di Joachimsthal, kini termasuk wilayah Republik Ceko, melakukan riset dan pengamatan untuk bukunya.

De Re Metallica terutama berisi perihal penilaian mineral (mineral prospecting), asal-usul terbentuknya endapan aluvial, dan sebaran bijih. Namun dia juga berbicara tentang bagaimana bisnis tambang dijalankan, sampai pada beberapa penyakit yang sering diderita pekerja tambang.

Metode tambang yang dikupas terutama berkaitan dengan tambang bawah tanah. De Re Metallica dilengkapi dengan ilustrasi detail seperti bagaimana cara mengolah berbagai mineral semacam emas dan timah.

Mesin-mesin apa saja yang terlibat dalam pengolahan juga dibahas secara lengkap dan panjang. Buku yang sering dirujuk oleh Agricola sebagai sumber penulisan adalah Natural History yang ditulis oleh Pliny the Elder, buku tentang metode tambang yang ditulis pada tahun 77 masehi.

De Re Metallica

Ilustrasi De Re Metallica

Meski Agricola telah meninggal pada 1555, buku ini masih belum bisa diterbitkan akibat menunggu penyelesaian ilustrasi yang dibuat begitu rinci. Akhirnya ketika diterbitkan, harga buku menjadi sangat mahal dan hanya didistribusikan terbatas.

De Re Metallica diterjemahkan pertama kali dalam bahasa Inggris pada tahun 1912. Penerjemahnya adalah Herbert Hoover, seorang insinyur tambang yang kemudian hari menjadi presiden AS, bersama dengan istrinya Lou Henry Hoover, seorang ahli geologi dan bahasa Latin.

Buku terjemahan ini banyak menyertakan catatan kaki dan mendapatkan pujian atas kejelasan penerjemahannya.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

manusia gda yang sempurna, jadi mohon maaf kalo ada kekurangan, jd mhon berikan komentar buat blog ini biar bisa membangun..