Adsense Indonesia

Senin, 11 Januari 2010

Sumber Hazard (Bahaya) di Tambang dan Tempat Kerja Lain

Di tulisan ini sudah diulas mengenai perbedaan antara hazard dan risk.

Hazard (bahaya) adalah sesuatu yang dapat menyebabkan cedera pada manusia atau kerusakan pada alat atau lingkungan. Sedang risk (resiko) didefinisikan sebagai peluang terpaparnya seseorang atau alat pada suatu hazard (bahaya).

Trus apa saja yang dapat menjadi sumber hazard? Berikut adalah macam-macam kategori hazard (Wells, 1996; Plog, 2002; Donoghue, 2004):

1. Physical hazards: suara bising, radiasi, getaran, temperatur

2. Chemical hazards: zat beracun, debu, uap berbahaya

3. Mechanical hazards: mesin, alat-alat bergerak

4. Electrical hazards: arus listrik, percikan bunga api listrik

5. Ergonomic hazards: ruangan sempit, mengangkat, mendorong, pencahayaan buruk

6. Behavioral hazards: tidak mematuhi peraturan, kurangnya ketrampilan kerja

7. Environmental hazards: cuaca buruk, api, berkerja di tempat tak rata

8. Biological hazards: virus, bakteri, jamur, parasit

9. Psychosocial hazards: waktu kerja yang lama, tekanan atasan, trauma

Segala macam potensi hazard ini mesti diidentifikasi. Untuk memudahkan pengidentifikasian, ada beberapa macam metode yang dapat digunakan seperti What-If Analysis, Energy Barrier Analysis, dan lainnya.

Setelah hazard teridentifikasi, langkah selanjutnya adalah menilai sejauh mana pengaruhnya terhadap keselamatan karyawan dan keseluruhan operasi. Penilaian ini umumnya menggunakan dua parameter: konsekuansi dari suatu hazard dan kemungkinan frekuensi kejadian.

Peringkat paling tinggi akan ditempati oleh hazard yang mampu menimbulkan konsekuensi kerusakan besar dikombinasikan dengan frekuensi kejadian yang sering atau berulang.

Hazard atau bahaya jenis ini disebut sebagai critical hazard. Semua critical hazard mesti mendapat perhatian dan penanganan segera.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

manusia gda yang sempurna, jadi mohon maaf kalo ada kekurangan, jd mhon berikan komentar buat blog ini biar bisa membangun..