Adsense Indonesia
Follow Indonesiabaru on Twitter

Senin, 23 November 2009

Principle of the Automatic Level or Water Pass, Prinsip dari Automatic Level atau Waterpass

Automatic Level

Sangat penting bahwa garis pandang melalui teleskop adalah persis horisontal. Jika tidak kesalahan akan terjadi. Satu solusi untuk masalah ini adalah tingkat otomatis.

The automatic level memiliki mekanisme Kompensator yang menggunakan kombinasi tetap prisma atau cermin dan prisma yang bergerak tergantung pada pendulum untuk memberikan referensi horizontal. Ketika benar mengatur Kompensator akan memastikan bahwa sinar cahaya melalui pusat tas wanita tepat horizontal.

Desain mekanisme Kompensator bervariasi dengan masing-masing produsen, sehingga diagram di atas dimaksudkan untuk menunjukkan prinsip metode, bukan alat tertentu.

Tidak ditampilkan dalam diagram adalah sebuah mekanisme untuk menghentikan redaman pendulum dari terus ayunan ketika instrumen bergerak. Kualitas mekanisme redaman sangat penting; terlalu sedikit redaman akan memberikan gambar goyah yang mungkin kabur dalam kondisi berangin, tapi terlalu banyak redaman dapat mengakibatkan kesalahan jika pendulum tidak merespon untuk sedikit gerakan dari instrumen.

Yang tas wanita adalah kaca piring dengan bulu halus terukir salib untuk menyediakan referensi ketinggian. Eye piece yang harus disesuaikan untuk membawa tas wanita menjadi fokus yang tajam. Lensa fokus internal kemudian dikendalikan oleh sekrup fokus pada sisi instrumen untuk membawa citra staf untuk fokus pada tas wanita.

Levelling staf.

Dua "E" pola staf yang ditampilkan di sebelah kanan, perhatikan perbedaan kecil dalam menandai dan angka. The "E" pola dirancang untuk memudahkan membaca bagian kecil dari skala jika dilihat melalui teleskop.

Staf hanyalah penguasa besar, tersedia di panjang 3, 4 atau 5 meter dan biasanya terbuat dari aluminium dengan bagian teleskopis.

Bagian telah mengunci tombol untuk memastikan panjang akurat dipertahankan.

Beberapa staf juga memiliki panjang yang diperluas skala dalam mm di bagian belakang.

Pengukuran dalam meter dan cm (10mm blok) yang memungkinkan dapat diperkirakan ketinggian hingga 1 mm. Bolak-warna yang digunakan untuk membedakan setiap meter panjang, yang paling umum adalah hitam dan merah di latar belakang putih.

Graduations utama terjadi pada interval 100 mm dan dilambangkan dengan angka. Minor wisuda berada pada interval 10 mm dan bentuk bujur sangkar atau campur tangan berwarna spasi. Yang lebih rendah 50 mm dari setiap 100 mm blok bergabung dengan sebuah band untuk membentuk pola yang khas E dirancang untuk membuat membaca bagian kecil staf di teleskop lebih mudah.


Staf Contoh bacaan yang ditampilkan di bawah ini:



Fokus tas wanita

Yang tas wanita (atau diafragma) adalah sebuah piring kaca dengan garis-garis halus terukir di atasnya untuk memberikan referensi dan horizontal stadia tanda untuk memperkirakan jarak. Ketika pertama kali melihat melalui teleskop memutar eye piece untuk membawa tas wanita untuk fokus yang jelas.

Setiap pengamat akan perlu untuk memfokuskan tas wanita untuk memungkinkan mata mereka sendiri.

Kegagalan untuk melakukannya akan menyebabkan paralaks, di mana gerakan kecil dari posisi mata akan menyebabkan garis-garis horizontal untuk memberikan staf yang berbeda membaca.

Dengan potongan mata terfokus Anda akan melihat vertikal dan garis horizontal membagi bidang pandang. Garis horizontal tengah menandai bidang horizontal melalui teleskop (ketinggian collimation) dan merupakan referensi bagi semua bacaan tinggi.

Mungkin juga ada dua baris stadia pendek. Stadia digunakan untuk mengukur jarak ke staf dengan mengalikan perbedaan antara kedua stadia pembacaan oleh konstan (biasanya 100).

Fokus pada staf

Sejajarkan teleskop pada staf menggunakan senapan pemandangan di bagian atas instrumen dan lembut memutar teleskop dengan tangan.

Menggunakan sekrup fokus sisi membawa staf ke fokus yang tajam.

Fine penyesuaian dapat dibuat sejajar dengan sekrup garis singgung.

Periksa bahwa waterpas gelembung berada dalam bagian tengah dari skala sebelum membaca staf.


Dalam pandangan ini membaca staf 2,993

Atas stadion = 3,040
Rendah stadion = 2,946
Stadia perbedaan = 0,094
metres Jarak ke staf = 0,094 x 100 = 9,4 meter

Perhatikan bahwa stadia jarak memiliki tingkat akurasi yang rendah, salah satu staf mm kesalahan dalam membaca memberikan kesalahan jarak 0,1 meter


Periksa bahwa staf vertikal.

Sangat penting bahwa pembacaan diambil ketika staf vertikal. Jika staf tidak vertikal pembacaan akan lebih besar dari seharusnya, seperti yang Anda mengukur jarak lereng, dan akan memberikan kesalahan.

Beberapa staf yang dilengkapi dengan waterpas bulat dan menangani untuk membantu orang staf tetap vertikal. Bahkan dengan tingkat semangat sulit untuk mengadakan staf vertikal. Ini meningkatkan kesulitan dalam angin.


membungkuk ke depan
membaca tinggi

Untuk membaca staf ketika vertikal yang surveyor tas wanita menggunakan garis vertikal untuk mengarahkan orang staf untuk memindahkan staf bagian atas kiri atau kanan garis pandang.

Orang staf lalu perlahan-lahan miring bagian atas terhadap staf dan menjauh dari instrumen sehingga akan melewati vertikal. Staf akan muncul untuk bergerak ke atas dan ke bawah dalam bidang teleskop. Membaca terendah dicatat karena ini adalah titik di mana staf vertikal.

Staf vertikal
terendah membaca

Staf bersandar
membaca tinggi











Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

manusia gda yang sempurna, jadi mohon maaf kalo ada kekurangan, jd mhon berikan komentar buat blog ini biar bisa membangun..